Link Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka 15 Februari pukul 15.00 WIB

Link pendaftaran SNMPTN Dibuka 15 Februari pukul 15.00 WIB | KabarBahari.Com – LTMPT secara resmi mengumumkan pendaftaran SNMPTN dimulai pada 15 Februari pukul 15.00 WIB. Pengumuman itu disampaikan melalui Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 05/SE.LTMPT/2021 tentang Pembukaan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Dalam SE tersebut juga disebutkan pendaftaran akan ditutup pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Link SNMPTN Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Sementara itu pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Lalu pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.

Link Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka 15 Februari pukul 15.00 WIB

Syarat mendaftar Adapun siswa yang bisa mendaftar SNMPTN 2021 adalah: Sudah memiliki akun di LTMPT Akunnya sudah permanen Termasuk siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah Memiliki nilai yang lengkap.

Baca juga :  Begini Cara Kompres Foto dan PDF untuk Mendaftar SNMPTN 2021

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021

Berikut ini 7 tahap pendaftaran SNMPTN 2021: Login di portal LTMPT atau https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

  • Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman “Profil“.
  • Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman “Pilihan“.
  • Siswa mengisikan portofolio pada halaman “Portofolio“, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.
  • Siswa mengisikan prestasi pada halaman “Prestasi“. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada.
  • Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
  • Siswa melakukan finalisasi pada halaman “Finalisasi” jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya.
  • Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.
Baca juga :  Cair Lagi BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta, Cek Penerima dan Syaratnya

Tips Memilih Prodi SNMPTN 2021

Tips memilih prodi Pihak LTMPT tidak menganjurkan lintas jurusan, meski diperbolehkan. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan kewenangan menentukan lolos tidaknya peserta SNMPTN tergantung masing-masing PTN.

Track record memang menjadi salah satu pertimbangan. Lebih lanjut dia menjelaskan pada intinya dilihat dari dua hal. Pertama, kualitas sekolah. Ini dilihat dari track record siswa sekolah tersebut dan prestasi siswa (kakak kelas atau alumni si pendaftar) di PTN tujuan. Kedua, dilihat dari prestasi siswa yang mendaftar. Prestasi bersifat relatif antar sekolah, meski sama-sama memiliki nilai 8 tapi kualitasnya berbeda. Akan tetapi menurutnya pemeringkatan SMA berdasarkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) 2020 yang dibuat LTMPT beberapa waktu lalu bisa menjadi pertimbangan bagi siswa yang belum memiliki alumni di universitas tujuan. “Penetapan nilai TPS sudah kita berikan ke masing-masing PTN, harapan kami bisa dipakai untuk pertimbangan bagi sekolah baru tapi kualitas lulusannya bagus,” tuturnya.

Baca juga :  Syarat dan Tata Cara Daftar SNMPTN 2021

Call center Bagi pendaftar yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

#Artikel Asli