Tips Biar Berhasil Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Tips Biar Berhasil Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 | KabarBahari.Com – Pemerintah akhirnya membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 mulai Selasa (23/2/2021). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tersebut akan menjaring sebanyak 600.000 peserta. “Program Kartu Prakerja [2021] ditargetkan 2,7 juta, diharapkan bisa selesai di Maret mendatang dengan anggaran Rp10 triliun,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (23/2/2021).

Adapun, Insentif yang didapatkan penerima Kartu Prakerja sebesar Rp3,55 juta, dengan rincian Rp1 juta untuk pelatihan, insentif pasca pelatihan Rp600.000 selama 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp50.000 untuk tiga kali survei.

Tips Biar Berhasil Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang

Tingginya animo masyarakat mengikuti Kartu Prakerja sejak gelombang 1 hingga gelombang 12 membuat jumlah peserta yang mendaftar membeludak. Padahal, kuota yang disediakan pemerintah sangat terbatas. Salah satu kendala yang sering dialami pendaftar, yaitu ketika harus mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP). Anda juga mengalami kendala saat mendaftar Kartu Prakerja di situs prakerja.go.id?

Baca juga :  Syarat Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Berikut ini tiga tips yang bisa Anda lakukan agar sukses daftar Kartu Prakerja gelombang 12:

Gagal Unggah Foto KTP

Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan kasus gagalnya proses unggah KTP dan swafoto dengan KTP terjadi lantaran tingginya user yang mengakses situs prakerja.go.id dalam waktu bersamaan. Dia menegaskan seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar. Adapun, proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang. “Jadi kalau ada kesulitan mengunggah KTP silakan dicoba lagi nanti agak malam atau besok hingga 26 Februari 2021,” ujar Louisa, Selasa malam (23/2/2021).

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Ketika Gelombang 12 sudah dibuka menggunakan akun yang ada biasanya, calon peserta wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. “Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online,” tulis akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id.

Baca juga :  Penyaluran Dana BLT UMKM Rp1,1 T Dianggap Bocor ke PNS, Ini Alasannya

Koneksi Internet dan Dokumen

Pendaftaran Kartu Prakerja sepenuhnya dilakukan secara daring atau online. Karena itu, koneksi internet memegang peranan penting terkait sukses atau tidak pendaftaran yang Anda lakukan. Pastikan koneksi atau jaringan internet yang Anda gunakan lancar dan tidak ada gangguan. Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, misalnya KTP dan Kartu Keluarga.

#Artikel Asli