Cair Lagi BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta, Cek Penerima dan Syaratnya

Cair Lagi BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta, Cek Penerima dan Syaratnya | KabarBahari.Com – Bersamaan dengan adanya kebijakan PPKM, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai atau sering dikenal dengan sebutan BLT anak sekolah di bulan Juli 2021. Program Bansos ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Besar anggaran total bantuan langsung tunai (BLT) tersebut mencapai Rp4,4 juta per tahun yang memang diperuntukkan bagi mereka keluarga yang mempunyai anak sekolah SD, SMP, dan SMA. Nantinya setiap siswa SD akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 900 ribu, siswa SMP mendapatkan Rp1,5 juta dan siswa SMA mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta.

Baca Juga : Cara Daftar BLT UMKM, Syarat Dapat Banpres BPUM

Baca juga :  Penyaluran Dana BLT UMKM Rp1,1 T Dianggap Bocor ke PNS, Ini Alasannya

Baca Juga : Asuransi Mobil Yang Bagus Dan Murah
Baca Juga : Pengalaman Beli Asuransi Mobil Online
Baca Juga : Cara Cek Asuransi Mobil Online

Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah

Jadi buat warga masyarakat yang ingin mengetahui bantuan tersebut dapat mengeceknya dengan masuk ke link cekbansos.kemensos.go.id. Nantinya pada situs tersebut akan ditampilkan apakah menjadi bagian dari masyarakat penerima bantuan atau tidak.

Baca Juga : Cara Cek Daftar Penerima Bansos PKH dan BPNT 300 Ribu

BLT bantuan langsung tunai untuk anak sekolah ini akan diberikan sebanyak empat tahap yaitu pada Januari, April, Juli dan Oktober. Nantinya proses pencairan dana melalui sejumlah bank yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Baca juga :  Cara Mendapatkan BLT UMKM Kemenkop UKM Rp 2,4 juta

Baca Juga : Cara CEK Penerima BLT UMKM di Bank BRI & BNI

Adapun yang menjadi syarat bagi masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan diantaranya seperti berikut :

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Sudah tercatat di lembaga pendidikan formal seperti SD/SMP/SMA/SMK, dan juga pendidikan non-formal seperti PKBM/SKB/LKP yang ada di wilayah tempat tinggal masing-masing.
  3. Masyarakat yang bisa menjadi penerima BLT harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan.
  4. Apabila masyarakat belum mempunyai KIP, maka bisa mendaftar dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat.
  5. Untuk yang tidak memiliki KKS, orang tua siswa dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM pada RT/RW dan kelurahan sesuai tempat tinggal.
Baca juga :  Cara Daftar Data Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu DKI Jakarta

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Murah Berkualitas
Baca Juga : Asuransi Jiwa Untuk Usia 65 Tahun
Baca Juga : Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik

Orang lain juga mencari dengan kata kunci terkait : Bansos Kpn Cair, Bantuan Langsung Cair, Bantuan Langsung Tunai Umkm, Bantuan Tunai Online, Cara Daftar Bantuan Tunai Online, Cara Daftar Blt Tunai Online, Daftar Bantuan Tunai Online, Daftar Blt Ibu Hamil Online, Pengajuan Blt.