7 Fakta Penting Sistem Pendingin Udara Mobil

AC, yang dulunya merupakan kemewahan mewah, telah menjadi fitur umum pada kebanyakan mobil. Meskipun pemeliharaan sistem pendingin udara modern sebaiknya diserahkan kepada para profesional, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari sistem HVAC Anda jika Anda tahu sedikit tentang cara kerjanya dan kerusakan apa yang harus diwaspadai.

1. Bau aneh yang berasal dari AC mungkin disebabkan oleh penumpukan bakteri

Ketika mobil Anda menjadi tua, atau sistem pendingin udara jarang digunakan, bakteri, mikroorganisme, jamur dan jamur mungkin mulai tumbuh, tepat di belakang dashboard evaporator yang menyebabkan bau yang sangat tidak sedap. Beberapa bahkan mengklaim bahwa hal ini dapat menyebabkan sakit kepala dan gejala mirip flu yang kadang-kadang disebut sebagai “sindrom mobil sakit”.

Ini dapat diatasi dengan menggunakan perawatan anti-bakteri yang menghilangkan pertumbuhan bakteri dan membuat mobil Anda kembali segar.

2. Jika mobil Anda tidak terasa cukup dingin, Anda mungkin perlu mengisi ulang sistem Anda

Jika Anda merasa mobil Anda tidak sedingin mobil teman Anda, sistem Anda mungkin perlu diservis. Sebagian besar jadwal servis produsen tidak mencakup sistem AC mobil Anda, dan refrigeran yang digunakan untuk menyalakan sistem akan habis seiring waktu. Rata-rata, sebagian besar kendaraan kehilangan hingga 15% setiap tahun. Kebocoran ini dapat terjadi jika sistem tidak digunakan selama bulan-bulan musim dingin. Dengan demikian memungkinkan segel cincin ‘O’ kecil mengering yang mengakibatkan penurunan kinerja sistem secara bertahap. Jika ini terus berlanjut, sistem tidak akan bisa berfungsi sama sekali.

Baca juga :  Sangat Mudah, Ini Cara Cek Asuransi Mobil Online

Sebagian besar masalah jenis ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan memeriksa kebocoran sistem Anda diikuti dengan pengisian ulang pendingin AC, ini kadang-kadang disebut sebagai pengisian ulang gas.

3. Menjalankan AC sepanjang tahun akan membantu memelihara sistem

Jika Anda menyalakan AC di musim dingin, ini akan membantu menjaga sistem terlumasi dengan baik dan anti bocor. Ini karena pendingin benar-benar menahan oli yang melumasi sistem dan yang terpenting kompresor. Ini juga menjaga segel dan selang tetap lembab, sehingga mencegahnya mengering dan retak yang dapat menyebabkan kebocoran.

4. Suara aneh yang berasal dari pengkondisian harus segera diatasi

Jika sistem AC Anda tiba-tiba mulai mengeluarkan suara yang belum pernah Anda dengar sebelumnya, Anda sangat disarankan untuk memiliki ahli AC mobil yang berkualifikasi untuk memeriksanya.
Beberapa kebisingan dapat menjadi gejala awal kegagalan kompresor (kompresor adalah pompa AC), kompresor biasanya merupakan bagian sistem yang paling mahal dan berkisar dari sekitar £ 230 hingga sekitar £ 600 dan jika bantalan di kompresor rusak atau kompresor telah berhenti, ini juga berarti komponen lain dapat terkontaminasi dengan partikel logam, sehingga sistem pembilasan akan diperlukan selain mengganti kompresor, penerima / pengering, dan katup ekspansi – tagihan yang BESAR!

Baca juga :  Tips Menghindari Kenaikan Premi Asuransi Mobil

5. Jangan khawatir tentang genangan air di bawah mobil Anda setelah menggunakan AC

Jika Anda melihat genangan air di lantai yang biasanya berada di bawah area komuter, jangan khawatir. Ini adalah fitur alami dari sistem karena hanya menetes dari evaporator AC. Evaporator memiliki tabung pembuangan yang dipasang untuk memungkinkan kondensasi dari evaporator mengalir keluar dari kendaraan.

6. Kelembaban berlebih di dalam mobil dapat dengan mudah diperbaiki

Kadang-kadang, pipa pembuangan dari evaporator mungkin tersumbat atau terputus sehingga memungkinkan terjadinya kondensasi di dalam evaporator. Jika ini terjadi, air akan menumpuk di dalam mobil Anda hingga menyebabkan karpet lembap atau masalah percikan / kelembapan tinggi. Masalah ini dapat diatasi dengan layanan berbiaya rendah.

Baca juga :  Cara Cek Asuransi Mobil Online

7. Rawat AC secara teratur, meskipun tidak ada masalah yang terlihat jelas

Sama seperti sistem lain di mobil Anda yang membutuhkan perawatan secara teratur, begitu juga dengan sistem AC. Kompresor membutuhkan oli, jika tidak maka akan terserap. Filter mengumpulkan kotoran dan kelembapan. Jika filter diblokir, kinerja sistem akan menurun dan dapat berhenti berfungsi sepenuhnya (mungkin saat Anda sangat membutuhkannya!)

Biasanya refrigeran dalam sistem AC mobil harus diisi ulang sepenuhnya dalam waktu empat tahun sejak tanggal pembuatan dan kemudian setiap dua hingga tiga tahun.

Servis tahunan sistem AC mobil Anda akan melindungi Anda dari kegagalan kompresor dan bagian penting lain dari sistem. Pemeliharaan rutin akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang dan memastikan kenyamanan Anda di bulan terpanas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *